Kenapa BlackBerry bisa lambat koneksinya?

Kenapa BlackBerry (BB) bisa lambat?
BB gue lemoth nih, pending mulu, jam pasir mulu T_T
begitulah keluhan kita di BB :D

Tapi tahu ngga sih penyebab utamanya?
Jadi gini, agak sok tahu nih, ini prediksi iBNuX aja, dari analisa kurang dalam :D
disertai sedikit cerita perjalanan ibnux di dunia perBBan

pernahkah anda berpikir kenapa ada aplikasi yang memotong pulsa?
Aplikasi yang tidak bisa masuk jalur BlackBerry Internet Services (BIS) unlimited

Tahun 2009 saat iBNuX baru belajar membuat aplikasi BlackBerry, waktu itu ibnux masih membuat aplikasi yang simple dan kadang nakal :D , di awal 2010 ibnux berkenalan dengan om ded diacara ODW #1, nah aplikasi pertama ibnux yg mengambil data dari internet tidak bisa masuk jalur BIS, yaitu Aplikasi Delprinux, aplikasi ini melakukan koneksi Internet hanya untuk cek registrasi, saat itu iBNuX penasaran apa yang salah, sehingga di versi pertama, untuk registrasi harus aktifkan TCP dan memotong pulsa Rp 1

setelah browsing sana sini, heking ke server orang, masuk network kantor orang, ibnux akhirnya menemukan info bahwa aplikasi yang mau masuk jalur BIS harus perusahaan yang sudah menjadi BlackBerry Alliance Member, untuk menjadi Alliance harus membayar biaya tahunan, dan Alliance ini akan mendapatkan kode Ajaib, lalu ibnux mencari lagi di dunia maya. dan akhirnya mendapatkan kode tersebut dan segera iBNuX implementasikan, tapi sayang ternyata kode tersebut hanya jalan di operator Indosat aja.

pertengahan 2010 iBNuX bekerja di perusahaan penyedia layanan BlackBerry Enterprise Server (BES), disitu iBNuX mendapatkan Dokumentasi kode ajaib :) karena kebetulan perusahaannya sudah Alliance.
Tapi tidak sampai situ, ternyata untuk bisa masuk jalur BIS, kita harus mengisi formulir yang berisikan Informasi aplikasi kita dan server, juga kebutuhan Bandwidthnya. saat itu RIM sangat *bagian yg perlu diingat*

dari situ ibnux memulai karir sebagai BlackBerry Developer dan bertemu Muhammad Hakim di milis dan akhirnya mendirikan komunitas BlackBerry Developer Indonesia. dan sudah menghasilkan lebih dari 60 aplikasi BB *ini akan diceritakan di post yg akan datang*

terus apa hubungannya dengan pendingnya BB?
nah gini, 2011 mulai banyak developer BB di Indonesia dan dunia, dan banyak juga yg penasaran agar aplikasinya bisa masuk Jalur BIS
dan sepertinya RIM secara tidak resmi membebaskan jalur BIS ini, karena banyak sample aplikasi buatan RIM berisi kode ajaib, dan ada beberapa developer yg posting cara masuk Jalur BIS di Internet, termasuk ibnux :D

disinilah petaka BlackBerry dimulai :D
Pada dasar nya mungkin Research in Motion (RIM) selaku perusahaan BlackBerry menyediakan Server BIS untuk produk nya sendiri(Push Email, Chat, browsing) dan produk dari Alliance Member, pastinya hanya sedikit aplikasi yang masuk Jalur BIS.

Semenjak semua developer tahu cara masuk Jalur BIS, maka akhirnya semua menggunakan Jalur BIS bahkan menggunakannya berlebihan, terutama aplikasi yg melakukan pengecekan update data terbaru secara Interval, tidak menggunakan push, dan banyak aplikasi lain juga yang Abuse, seperti buatan iBNux :| aplikasi NuxDownloader. ini juga membuat developer semangat membuat aplikasi, dan RIM senang karena mulai banyak aplikasi bermunculan :)

Dengan banyaknya aplikasi baru bermunculan, ini membuat beban server BIS semakin berat, terutama proses kompresi dan enkripsi data.
mungkin itulah mengapa sekarang RIM sepertinya selalu maintenance atau dulu sempet beberapa wilayah servernya mati.

ini mungkin diluar perkiraan RIM, karena seharusnya untuk menggunakan Jalur BIS harus mengisi formulir yang RIM sediakan, sehingga RIM bisa antisipasi kebutuhan server dan bebannya.

tapi ini bukan masalah RIM aja, tetapi operator juga, karena BIS menggunakan jalur operator
sedangkan Jalur operator ini banyak yg pake seperti SMS,Telpon,koneksi data Internet (user modem, iphone,Android,dll), dll.
jadi berdesakan di operator sebelum lanjut ke server BlackBerry.

begitulah salah satu penyebab kenapa BB bisa pending dan lambat.

lalu kenapa lambat dan keluar jam pasir/digital padahal signal Full?
itu karena koneksi datanya lambat, saat aplikasi mau cek ada update terbaru, atau BBM yang mau cek sesuatu, sedangkan koneksinya lambat, mengakibatkan aplikasi menjadi aktif terus karena menunggu data dari server, ini bisa menyebabkan BB panas juga.
kadang disuatu ketika akan ada permintaan menghapus aplikasi agar memory tidak penuh

untuk BBMessenger aja, bayangkan ada berapa juta user yg ganti Display picture dan Display Message di BBM, belum yg lagi chat, conference atau BBM Group. jadi jangan sering sering ganti DP/DM.

gitulah,,,,
makanya katanya di BB10 ini ada perubahan layanan, belum jelas apa, mari kita tunggu :)

banyak sih yg mau diungkapkan, tapi dikit dikit aja :D