Apa sih Cryptocurrency itu? Apa itu Blockchain?

Saking ramenya harga Bitcoin yang tinggi, jadi banyak yang bikin cryptocurrency.

Tulisan ini berdasarkan pengetahuan Ibnux setelah mempelajari dan membuat cryptocurrency sendiri. Jika ada yang salah, mohon dikoreksi πŸ™

Ya benar, saya bikin juga

Apa itu cryptocurrency sebenernya?

Cryptocurrency hanyalah sebuah software pencatatan transaksi keuangan, disitu ada aturan aturan bagaimana cara kerjanya, bagaimana data harus ditulis ke database dan bagaimana memvalidasinya.

Karena namanya Crypto, sistem ini menggunakan enkripsi, setiap transaksi harus ditandatangani secara digital menggunakan kunci rahasia (secret key), kunci ini hanya anda yang boleh tahu. Orang lain memvalidasi transaksi anda menggunakan Kunci publik (public key). Saldo anda pun divalidasi oleh kunci rahasia ini.

Lalu apa itu Blockchain?

Blockchain merupakan database biasa, yang sifatnya sekali dimasukkan maka tidak dapat diubah kembali, semua transaksi cryptocurrency akan ditulis di blockchain. Rantai blok, setiap data saling tersambung dengan identitas hash, hash merupakan “enkripsi” searah, tidak dapat di”dekripsi”kan kembali.

Biasanya dijelaskan dalam bentuk kotak kotak terikat, tapi disimpan ya dalam baris seperti database biasa,tiap baris memiliki hash dari baris sebelumnya, sehingga jika ada yang mengubah datanya, maka hash menjadi tidak valid lagi, maka database sudah tidak valid. Jika ada yang melakukannya, maka akan di blacklist.

Apa sih uniknya?

Uniknya adalah databasenya bersifat terbuka. Siapapun bisa lihat isinya, bisa download, bisa validasi sendiri.

Jeleknya

Uang cryptocurrency bisa jadi yatim piatu jika seseorang lupa secret key nya, saldo tidak dapat digunakan, tidak ada yang bisa menggunakannya, akan jadi masalah jika cryptocurrency dipakai orang awam, harus tahu dulu cara kerjanya. Kehilangan secret key sama dengan kehilangan semuanya. Orang lain tahu secret key anda, maka orang itu bisa mencuri saldo anda. Jika secret key terbongkar, maka harus bikin baru dan saldonya dipindahkan ke secret key baru. Alias dompet. Akan jadi masalah jika cryptocurrency digunakan di negara dengan tingkat pendidikan rendah, banyak nanti uang yatim piatu.

Apa itu mining?

Mining atau menambang dilakukan oleh miner atau orang yang mengoperasikan komputer untuk menulis ke blockchain dari setiap transaksi, karena menulis ke Blockchain itu harus melakukan Hash data yang tepat dan itu saling berebut dengan para miner lain. Siapapun yang berhasil menemukan hash yang tepat, maka dia berhak menulis ke blockchain dan mendapatkan upah Miner fee.

Pertama kali Bitcoin jalan, para miner akan mendapatkan Coin dari mining yang bukan transaksi selama menemukan block hash baru. Ini disebut Proof of Work (PoW). Cara ini lebih baik tetapi membutuhkan listrik yang besar.

Lalu muncul sistem Proof of Stake (PoS), dimana disini seringnya Coin sudah dibuat semua, jadi mining ngga berat dan listrik lebih hemat. Tapi ini seperti Negara, karena pembuat koin berarti memiliki semua uang dan menjualnya. Setelah dijual lalu kabur gimana? πŸ˜€

Kebanyakan koin abal abal dibuat menggunakan PoS, iming iming bitcoin harga tinggi, mumpung yang ini masih murah. Padahal ga ada nilainya. Orang awam pada beli. Terus servernya ditutup aja deh, udah hangus uangnya. Akal akalannya mining dari HP katanya πŸ˜‚

Kebanyakan cryptocurrency abal abal tidak disertakan cara Miningnya, ga ada source code nya, database tertutup, hanya bisa transaksi di web/aplikasinya aja, tidak dibuka keluar. Padahal intinya di desentralisasi, servernya menyebar, siapapun bisa bikin servernya, sehingga akan sulit dimanipulasi. Kecuali jika koinnya dibuat dengan menumpang di platform lain.

PoS ini miningnya diberikan ke pemegang koin terbanyak, pemegang koin terbanyak berhak menulis ke blockchain, dan mendapatkan upah transaksi. Bisa jadi masalah jika ada yang memegang mayoritas, tentu yang kaya semakin kaya, atau dia bisa memanipulasi bersama sama pemegang yang banyak.

Cryptocurrency hanyalah uang mainan?

Ya mungkin kira kira seperti itu, setiap orang bisa bikin, bisa pakai. Apa bedanya dengan cetak uang kertas sendiri?

Tapi Bitcoin sukses? Walau uang mainan, jika semua percaya dan menggunakan untuk transaksi, bisa bernilai.

Kalo cryptocurrency abal abal, Nilainya darimana? Apalagi kalo tidak dipakai buat transaksi sehari hari, ga ada nilainya, buat investasi? Apa yang bikin bernilai, lebih jelas emas dan saham.

Setelah saya bikin Cryptocurrency Saya sadar, bahwa untuk membuatnya bernilai jika bisa dipakai buat transaksi sehari hari.

Atau sebagai pencatat tabungan. Anda beli ke saya 1jt koin seharga 1jt rupiah. Maka uang itu jadi jaminan nilainya, dan dipegang disaya atau mungkin bisa disebut ditabung. Kapanpun mau diambil, saya harus sediakan. Maka nilainya akan stabil. Bukankah ini cara kerja uang? Nilai uangnya dijamin di negara. Yang dulu dijamin emas. Asal mula uang kan dari orang menitipkan benda berharga, dicatat, nah catatan itu yang dijadikan alat tukar πŸ˜€.

Cryptocurrency bisa dibilang saham juga. Saya butuh modal, surat utangnya berbentuk Cryptocurrency, makanya ada Initial Coin Offer (ICO). Kalo saham namanya Initial Public Offering (IPO).

Saham juga harganya naik turun πŸ˜€

Sekarang kita pun bisa bikin cryptocurrency sendiri numpang di platform cryptocurrency lain seperti Ethereum atau Stellar. Tanpa perlu bikin server, biasanya Coin dengan sistem PoS.

Apakah bisa dipakai menipu? Bisa juga, karena sama aja uang mainan πŸ˜€, siapa aja bisa bikin, bisa pakai, yang bikin bernilai apa?

Jangan mudah percaya dengan iming iming nempel di platform cryptocurrency lain maka aman, ya aman sistemnya, tapi uang kamu bisa hilang di tangan penjualnya juga, nanti alasannya sistem pasar πŸ˜€

Ingat di Indonesia cryptocurrency tidak bisa dijadikan alat transaksi, ilegal. Makanya agak susah membuat cryptocurrency mainan menjadi bernilai. Mendingan investasi emas, saham, Reksadana atau ternak lele.

Itulah kita kira sharing saya kali ini, ada pertanyaan silahkan di komentar.

Koin mainan saya

Ini cryptocurrency mainan buatan saya bernam Koin SBL dan berjalan di platform Telegram.

Dan ini Koin abal abal saya di Twitter.

Dan cryptocurrency Saya yang Pos ada di github ini Walletnya.

Cryptocurrency PoW hasil fork litecoin ada di Github. Ngga jadi dijalankan, mahal di server buat mining.

Tulisan ini disponsori oleh Tito Finance Pinjaman tak harap kembali bagai sang Surya menyinari dunia.

Hutang itu membangun negara
iBNuX
Just ordinary man

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.