Apakah NFT itu?

Non Fungible Token

NFT

Sudah tahu tentang Cryptocurrency? kalo belum, baca disini

NFT pada dasarnya sebuah produk digital yang dijual di pasar digital. Berbeda dengan Cryptocurrency, dimana NFT ini sebuah produk yang dibeli menggunakan Cryptocurrency.

NFT saat ini masih bentuk Seni digital berbentuk gambar atau Video. dimana datanya disimpan di Blockchain beserta data pemiliknya.

NFT pada dasarnya bisa untuk apa aja, sertifikat rumah, atau lainnya.

Pemilik asli masih mendapatkan untung dari penjualan NFT oleh pembelinya ke pembeli lain. semua ini tergantung aturan yang dibuat di aplikasinya.

Apakah gambar/Video nya disimpan di blockchain?

Tidak, yang disimpan hanya metadata seperti Hash, Hash merupakan identitas suatu file yang memastikan file tersebut tidak berubah, sehingga jarang ada file yang identitas hash-nya sama jika bukan dari file yang sama.

Kepemilikan NFT ditulis di Blockchain dimana Blockchain ini tersebar dan aman, sampe semua ngga ada yang mau nyimpen datanya karena sudah terlalu besar atau mahal untuk mining atau dilarang pemerintah.

Walau metadata NFT disimpan di Blockchain, tapi filenya tidak, sehingga file tersebut bisa saja hilang, apalagi marketplace seperti Opensea tidak desentralisasi, sehingga bisa down atau malah tutup juga.

Lalu apa keuntungan beli NFT?

Tidak ada, selain bangga aja sudah beli, pastinya kalo bangga yang dibeli produknya dari orang yang kamu gemari.

Kalo saya jualan NFT, bisa untung?

Kalo ada yang beli, kalo kamu bukan siapa siapa, susah dapet pembeli, lebih baik buatkan untuk orang terkenal, lalu bagi hasil aja,.

Karena NFT ini tidak mengalihkan hak cipta dan royalti ke pembelinya. misal kaya stok gambar, kalo ada yang mau pake, harus bayar royalti, tapi kalo senimannya jual sebagai NFT, tetep pemakai gambarnya bayar ke Seniman asli aja.

NFT ini cocok untuk menyuap pejabat, suruh aja bikin NFT, lalu anda beli mahal.

NFT belum ada regulasi yang jelas, jadi masih suka suka aturannya

Saat ini banyak pencurian gambar dan dijual jadi NFT, karena tidak ada validasi kepemilikan sebenarnya, dan bikin NFT bebas siapa aja, karena secara Anonymous.

Kamu sudah beli NFT? terus diapain?

apakah bagus investasi di NFT?

NGGA

Cryptocurrency pada dasarnya tetep akan dikuasai orang orang kaya, fee makin mahal, dan mining makin mahal

silahkan koreksi jika ada yang salah

iBNuX
Just ordinary man

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.